Rabu, 14 November 2012

Sejarah Komputer


Komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung atau menyelesaikan penghitungan matematika yang kompleks. Pada masa sekarang, computer masih melakukan hal itu, namun di era informasi ini, computer dapat melakukan hal seperti mengirim dan menerima data, mengatur jaringan komunikasi, memproses teks, membuat atau memanipulasi gambar dan musik, menerbangkan pesawat terbang maupun pesawat antariksa, dan lainnya. Computer terdiri dari sirkuit – sirkuit yang mengubah informasi menjadi bentuk matematika. Banyak dari kita yang tidak menyadari bagaimana komputer bekerja. Banyak fungsi komputer dalam era informasi sekarang ini, mulai dari kartu ATM, mengejakan dan mencetak pekerjaan kantor, menelpon untuk memesan sesuatu, maupun berbelanja. Dari semua uraian di atas, kata "compute" atau mengitung adalah kata yang paling tepat dalam menerjemahkan aapa yang dilakukan komputer.

Tetapi awalnya kata computer, adalah sebutan bagi orang - orang yang melakukan penghitungan. Sekitar tahun 1945 istilah mulai ini digunakan pada mesin.

Banyak pndapat bahwa kompuuter hanya digunakan tidak sebagai alat penghitung, namun kenyataannya para ilmuwan masa sekarang masih menggunakan komputer sebagai alat penghitung untuk membantu mereka menyelesaikan penghitungan yang kompleks. Sebenaranya penemuan komputer telah diprediksi. Namun masyarakat menginginkan penemuan tersebut menjadi lebih. Mereka mewujudkannya dengan pengembangan komputer dari mulai mesin penghitung matematika pada tahun 1940an hingga menjadi penggunaan komputer jaringan pada 1990a, hingga perkembangan komputer mobile masa sekarang.

Sejarah tentang komputer tidak banyak yang membahas. Pada tahun 1990an komputer masih dianggap hal yang tidak penting. Dan banyak istilah seperti "Information Age", "Computer Revolution" lebih sering disebut "X Age" dan "X Revolution". Sebutan itu juga digunakan untuk kemajuan teknolgi lain seperti pesawat terbang, nuklir, mesin, mikro elektronik dan lain sebagainya.

Komputer dianggap sebagai teknologi bersih, karena komputer sangat sedikit emisi dan polusi dibanding teknologi lain di jaman besi ini. Bila kita melihat ke belakang, kita tentu ingat revolusi industri di beberapa negara di eropa yang sangat membuat bumi berpolusi.

Mulanya, komputer yang dianggap tidak penting tidak sering menjadi topik pembicaraan baik secara formal, di sekolah maupun diskusi, tetapi juga dalam sehari - hari. Sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer. Dari mulai instansi hingga personal. Komputer sudah sangat melekat pada kehidupan masyarakat. Dan pembelajaran tentang komputer pun sudah diajarkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat universitas.




Referensi: Paul E. Ceruzzi, 2003, A History of Modern Computing, Massachusetts;The MIT Press

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

+

Contain

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

College


Website Game Tecnology

Me

Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer jurusan Game Technology UNIKA Soegijapranata angkatan 2012. Saya juga sebagai penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud. Dan juga Alumnus SMP Negeri 16 Semarang dan SMA Negeri 3 Semarang.